#

Hidup PGRI! Solidaritas Yes!

Anugerah Guru Prima Tahun 2024 PGRI Kabupaten Tuban

PGRI Tuban - Pada 7 September 2024, SLCC PGRI Tuban telah mengadakan kegiatan podcast terkait sosialisasi seleksi Anugerah Guru Prima Tahun 2024 yang akan dilakukan oleh PGRI Kabupaten Tuban. Dalam kegiatan podcast tersebut digawangi oleh Trihastuti Nuranggaini, S.Pd sebagai host dan Karmuji, S.Pd.I., M.Pd. sebagai moderator. Tak lupa meluangkan waktunya dalam kesibukannya sehari-hari hadir dalam podcast tersbut yaitu Ketua PGRI Tuban Witono, S.Pd. M.Pd. Beliau menyampaikan beberapa poin penting dalam kegiatan Anugerah Guru Prima Tahun 2024.

Selengkapnya dapat dilihat dikanal youtube Dwidja Lantip - PGRI Tuban.
Lihat Podcast

 

 

 

PEDOMAN PELAKSANAAN

“ANUGERAH GURU PRIMA”

SLCC PGRI KABUPATEN TUBAN TAHUN 2024

 

A.    PENGERTIAN

Guru PRIMA adalah seorang guru yang memenuhi, kriteria, sebagai berikut:

1.     Produktif

Memiliki kemampuan dan keterampilan untuk mewujudkan kualitas pendidikan dan pengajaran (inovasi) yang bermanfaat bagi peserta didik, dirinya, dan komunitasnya.

2.     Inovatif

Memiliki kemampuan untuk mengembangkan hal-hal baru meliputi kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan dalam proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) yang telah ada ke dalam pembelajaran.

3.     Motivator

Memiliki kemampuan untuk memberikan dukungan dan dorongan kepada orang lain, baik teman sejawar maupun satuan pendidikan sebagai instansi tempat pengabdian dirinya dalam pengembangan diri dan mencapai tujuan tertentu.

4.     Berkarakter

Memiliki sikap dan perilaku positif yang dapat menjadi teladan untuk orang disekitarnya.

B.    TEMA DAN RUANG LINGKUP

Karya yang dihasilkan oleh guru jenjang TK/PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK pada Penghargaan Guru PRIMA Tahun 2024 dapat berupa pendekatan, model, strategi, metode, teknik, media, dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan upaya transformasi digital untuk mendorong kreativitas, inovasi, dan kolaborasi guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Tema Anugerah Guru PRIMA Tingkat Kabupaten Tuban Tahun 2024 yaitu “Guru Transformatif, Menjemput Era Artificial Intellegence”.

 

C.    PRINSIP-PRINSIP

Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam Anugerah Guru PRIMA Tingkat Kabupaten Tuban Tahun 2024 bersifat inovatif, orisinal, edukatif, kompetitif, objektif, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.

1.           Inovatif, pembaruan atau penemuan hal-hal baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya;

2.           Orisinal, merupakan karya sendiri, bukan hasil dari plagiat;

3.           Edukatif, menumbuhkan sikap sportivitas, kebersamaan, dan saling menghargai keunggulan setiap karya yang dihasilkan;

4.           Kompetitif, membangun semangat dan daya saing antarguru secara sehat;

5.           Objektif, penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tidak dipengaruhi subjektivitas penilai;

6.           Transparan, dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan dilaksanakan secara terbuka;

7.           Akuntabel, dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan;

8.           Efektif, pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan; dan

9.           Efisien,ketepatan cara, waktu, tenaga dan biaya sesuai dengan yang direncanakan.

 

D.    KETENTUAN-KETENTUAN

Persyaratan Anugerah Guru PRIMA Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Tuban:

 

1.     Persyaratan Peserta

a.       Seluruh guru dari jenjang TK/PAUD/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK (PNS/Non PNS) yang telah tercatat menjadi anggota PGRI di satuan pendidikan  wilayah Kabupaten Tuban.

b.      Setiap jenjang hanya boleh diwakili oleh satu peserta dari masing-masing Kecamatan/cabang.

c.       Setiap PGRI cabang/Kecamatan mengirimkan minimal satu jenjang peserta,

d.      Belum pernah menjadi juara lomba atau penghargaan di tingkat kabupaten/Provinsi dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

e.       Bukan merupakan Juara Anugerah Guru Prima Tahun 2021, 2022 atau 2023.

f.        Bukan merupakan duta pendidikan dari program atau yang bekerjasama dengan Kemendikbudristek (Kapten atau Co-Kapten Belajar.id, Duta Teknologi Kemendikbudristek, Pendekar VR)

 

2.     Persyaratan Karya

Karya yang diikutsertakan dalam Anugerah Guru Prima Tahun 2024 harus memenuhi syarat sebagai berikut:

a.         Peserta membuat dua buah karya, yaitu:

1)      Karya tulis yang merupakan hasil inovasi pembelajaran.

2)      Laman/site/blog pribadi/portofolio digital guru yang boleh dibuat menggunakan google sites, s.id, sway, wordpress, blogspot, canva, dll.

b.         Karya bersifat orisinil dan individual;

c.         Karya inovasi pembelajaran boleh memanfaatkan teknologi AI;

d.         Satu guru hanya boleh mengajukan satu produk inovasi;

e.         Dapat diimplementasikan pada proses pembelajaran di masa merdeka belajar.

 

 

3.     Persyaratan Naskah Artikel

a.         Naskah diketik di kertas ukuran A-4 maksimal 25 halaman (Bab 1 – daftar pustaka), jenis huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5.

b.         Karya inovasi pembelajaran dalam bentuk softcopy word diunggah pada drive peserta dan ditautkan pada formulir pendaftaran (diunggah pada laman/site/blog pribadi peserta).

 

4.     Ketentuan Portofolio Digital

a.        Portofolio digital guru minimal berisi tiga menu, yaitu:

1)      Profil Guru

Profil guru menampilkan nama, asal sekolah, tempat tanggal lahir, alamat sosial media, foto diri

2)      Portofolio Guru

Portofolio guru menampilkan:

a)    Kegiatan pengembangan diri yang pernah diikuti selama 3 tahun terbaik (pilih 5 terbaik)

b)    Pendampingan teman sejawat selama 3 tahun terakhir

c)     Pengalaman organisasi profesi

d)    Karya tulis dan atau karya inovasi yang pernah dibuat

e)     Prestasi atau penghargaan yang pernah diraih.

Poin a-e di atas juga dicantumkan buktinya pada portofolio digital guru.

Selain itu peserta wajib menyertakan/menautkan “File Dokumen Portofolio Guru” – sesuai template yang disediakan disini.

 

3)      Bukti Implementasi Karya Inovasi.

Bukti implementasi karya inovasi menampilkan foto/video/artikel hasil pelaksanaan implementasi yang mampu memberikan informasi memadai terkait karya inovasi.

b.      Link portofolio digital guru dicantumkan pada form pendaftaran Anugerah Guru Prima Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Tuban dengan tautan: https://pgrituban.or.id/agp

5.   Kelengkapan Lain.

a.       Tautan google drive naskah karya tulis hasil inovasi harus dibuka untuk umum agar bisa diakses oleh juri. Apabila pada saat penjurian, tautan tidak bisa dibuka maka karya tulis hasil inovasi peserta tidak akan dinilai.

b.      Seluruh peserta menyiapkan paparan tayangan, maksimal 7 slide, fokuskan bagian inovasi yang dibuat.

 

E.     TAHAPAN PENILAIAN

F.    Sistematika naskah runtut sesuai pedoman, isi mudah dipahami.

G.    Kesesuaian dengan prinsip penulisan naskah ilmiah.

H.   Kelengkapan data.

I.      Relevansi simpulan dengan hasil analisis dan tujuan.

J.    Sesuai dengan kaidah pengambilan rujukan.

K.    Merujuk pada hasil inovasi atau penelitian lain yang relevan.

 

 

1.     Penilaian Karya Inovasi

Hal yang dinilai pada karya inovasi peserta meliputi:

a)      Keinovatifan, meliputi:

1)        Mengandung unsur kebaruan dan bukan plagiat dari karya lain.

2)        Mampu mengilhami pengguna untuk melakukan pembaruan dalam pembelajaran, menciptakan inovasi serupa atau menyempurnakan inovasi tersebut.

b)      Aplikatif, meliputi:

1)        Mudah dan aman dalam implementasi.

 

2)        Bermanfaat untuk mendukung peningkatan aktivitas serta mutu pembelajaran dan memberi penguatan pendidikan karakter atau profil pelajar Pancasila.

 

2.     Penilaian Keinspiratifan Guru

Hal yang dinilai pada keinspiratifan guru meliputi:

a)      Kontribusi terhadap komunitas.

L.      

1.   Penilaian Naskah Karya Inovasi

Hal yang dinilai pada naskah karya inovasi peserta meliputi:

a)    Menggunakan ejaan bahasa yang benar.Kreativitas dalam merancang program pengembangan rekan sejawat.

b)      Program yang dibuat efektif dan berdampak

 

 

2.   Penilaian Portofolio Digital

Hal yang dinilai dalam portofolio guru adalah tampilan dan konten pada:

a)        Profil guru

b)        Portofolio guru (baik yang ditampilkan dalam menu Portofolio Guru, maupun yang di File)

Hal yang dinilai pada portofolio guru meliputi:

1.    Pengembangan diri

2.    Pendampingan rekan sejawat

3.    Pengalaman organisasi profesi

4.    Karya tulis dan atau karya inovasi

5.    Prestasi dan penghargaan

c)        Bukti karya implementasi inovasi

 

 

2.    Bobot Penilaian

Hal yang akan dinilai pada babak final adalah sebagai berikut.

 

 

No

Penilaian

Bobot

1.

Keinspiratifan Guru dan Portofolio Guru

40%

2.

Karya Inovasi dan Naskah Karya Inovasi yang dibuat

40%

3.

Tampilan Portofolio Digital

20%

 

M.   SISTEMATIKA PENULISAN NASKAH

Penulisan naskah karya yang diikutkan dalam Anugerah Guru Prima Tahun 2024 harus mengikuti sistematika sebagai berikut:

 

SAMPUL NASKAH / HALAMAN JUDUL SURAT PERNYATAAN

KATA PENGANTAR DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL (jika ada) DAFTAR GAMBAR (jika ada) DAFTAR LAMPIRAN (jika ada)

 

BAB I  PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

B.  Rumusan Masalah

C.  Tujuan

D.  Manfaat

BAB II LANDASAN TEORI

A.  Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran

B.  Hasil Inovasi yang Relevan

BAB III KARYA INOVASI PEMBELAJARAN

A.  Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran

B.  Aplikasi Praktis Inovasi dalam Pembelajaran di Kelas

C.  Data Hasil Aplikasi Praktis

D.  Analisis Data Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran BAB IV PENUTUP

A.  Simpulan

B.  Saran DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN

BIODATA PESERTA (Mencantumkan screen capture media sosial atau media lainnya)

 

Tabel Penjelasan setiap komponen dalam sistematika penulisan sebagai berikut:

 

Komponen

Penjelasan

 

 

 

Judul

1.  Ditulis dengan huruf kapital

2.  Singkat, jelas, padat, dan informatif.

3.  Maksimum 20 kata.

4.  Halaman judul dapat dilihat pada Lampiran 1.

 

 

 

Abstrak

1.    Memuat secara ringkas tujuan, metode, dan hasil

2.    Memuat 3—5 kata kunci

3.    Ditulis dalam 200—250 kata

4.    Spasi tunggal

 

 

 

 

 

 

 

 

Bab 1 Pendahuluan

1.    Latar Belakang

Mendeskripsikan kondisi yang diharapkan, kenyataan yang ada, dan gagasan/solusi yang ajukan serta urgensi pencapaian tujuan pembelajaran.

2.    Rumusan Masalah

Mendeskripsikan permasalahan pembelajaran yang perlu diatasi melalui karya inovasi.

3.    Tujuan

Berisi butir-butir sasaran inovasi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai.

4.    Manfaat

Mendeskripsikan manfaat dari implementasi hasil karya inovasi dalam pembelajaran.

 

 

 

 

 

Bab 2 Landasan Teori

1.      Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran Mengemukakan teori yang melandasi penyusunan karya inovasi pembelajaran untuk mengatasi atau memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal.

2.      Hasil Inovasi yang Relevan

Mencantumkan sekurang-kurangnya dua hasil penelitian atau karya inovasi yang relevan dengan karya inovasi pembelajaran

 

Bab 3

Karya Inovasi Pembelajaran

1. Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran

Mendeskripsikan ide dasar munculnya inovasi, tahapan perancangan ide dasar, yang berisi alternatif bentuk karya inovasi pembelajaran yang diperoleh dari implementasi teori. Lengkapi

 

 

dengan deskripsi tentang proses pembuatan, alat dan bahan yang digunakan, detail rancangan dan keunikan karya inovasi, fungsi dan penggunaan karya inovasi pembelajaran.

2.      Inovasi dalam Pembelajaran di Kelas

Berisi penjelasan detail mengenai bagaimana inovasi tersebut dilaksanakan di kelas atau sekolah.

3.      Data Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran

Penjelasan tentang hasil penerapan/praktik inovasi pembelajaran dalam wujud data kuantitatif maupun kualitatif.

4.      Analisis Data Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran Pembahasan yang didasarkan atas data kuantitatif maupun kualitatif setelah melaksanakan inovasi di kelas atau sekolah dihubungkan

dengan dasar teori yang ada.

 

 

Bab 4 Penutup

1.     Simpulan

Berisi butir-butir capaian dari karya inovasi pembelajaran yang merujuk pada rumusan masalah.

2.    Saran

Berisi butir-butir/catatan untuk ditindaklanjuti dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan produk inovasi.

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

1.     Daftar Pustaka disusun sesuai dengan kaidah penulisan kepustakaan dengan sistem American Psychological Association (APA). Hanya pustaka yang dikutip dalam karya inovasi yang dicantumkan dalam daftar pustaka.

2.     Sumber pustaka disarankan diterbitkan dalam kurun waktu 10 Tahun terakhir

3.     Sumber pustaka diutamakan menggunakan referensi primer/penulis buku dan teori langsung

4.     Sekurang-kurangnya 5 (lima) pustaka/referensi yang relevan.

Lampiran

 

 

Panduan teknis AGP di atas selengkapnya berikut.
Unduh Juknis

Hidup Guru, Hidup PGRI, Solidaritas Yes....